Tuesday, December 2, 2008

Knowledge Management

Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan/KM), sebuah bidang manajemen yang lagi ng-trend sekarang - kata dosen KM saya - ini, menurut pengertian saya sebgai mahasiswa ketika mengikuti kuliahnya, yaitu bagaimana sebuah organisasi me-manage pengetahuan yang dibutuhkan organisasi tersebut dalam mempertahankan hidupnya. dan salah satunya implementasi yang mudah menurut asas KISS (Keep It Simple, Stupid) adalah dengan penggunaan aplikasi komputer sebagai portal maya KM, seperti:
  • SAP
  • Joomla!
Kali ini, saya sedikit membahas KM pada perusahaan telekomunikasi Prancis, Boygues Telecom, dalam rangka meningkatkan daya saing bisnisnya dengan mengatur aliran informasi di dalam tubuh perusahaan tersebut.

Perusahaan tersebut menerapkan 4 sistem KM dengan software Microsoft Sharepoint Portal Server, yaitu:
  1. Penyediaan bantuan online bagi karyawan
  2. Penyediaan sistem referensi teknik bagi teknisi lapangan
  3. Penyediaan penyimpanan dokumen dalam pengembangan sistem informasi perusahaan
  4. Penyediaan teknologi baru
Terakhir, berikut beberapa pendekatan terbaik dalam mengimplementasi KM di suatu perusahaa, yaitu:
  1. Identifikasi kebutuhan akan aplikasi KM
  2. Kualifikasi kesempatan membuat knowledge base
  3. Definisikan knowledge base
  4. Implementasi knowledge base
  5. Kembangkan manajemen perubahan yang terfokus
  6. Dapatkan sukses dari penggunaan KM
Dengan demikian, implementasi KM pada perusahaan dapat membantu perusahaan tersebut dengan cara me-maintain pengetahuan dalam perusahaan tersebut.

Ditunggu komentar pembaca blog setiaku..CMIIW

Best Regards, Budink

No comments: