Tuesday, December 2, 2008

Customer Relationship Management dan aplikasinya di Harley-Davidson

CRM adalah strategi bisnis menyeluruh suatu perusahaan yang memungkinkan pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang dirancang untuk meningkatkan penjualan, profitabilitas, dan kepuasan pelanggan. Perkembangan CRM dipengaruhi oleh persaingan yang semakin kompetitif dan perkembangan teknologi manajemen informasi. Aplikasi CRM membantu perusahaan dalam memperoleh informasi mengenai konsumennya. Informasi kemudian dikumpulkan dan disimpan dalam suatu sistem yang dapat mengelola informasi tersebut. Berdasarkan informasi tersebut, perusahaan akan mampu mendesain produk sesuai keinginan konsumen dan menetapkan harga yang dapat diterima oleh para pelanggannya. Dengan demikian perusahaan akan memperoleh kesempatan yang lebih besar dalam memperoleh keuntungan yang sangat kompetitif.

1 comment:

Satria Hutomo said...

Untuk pasar produk yang sudah mengalami 3,5-4C, diperlukan CRM ini, karena customer service yang baik memang salah satu menjadi faktor penentu berhasil tidaknya produk tersebut